Sekolah Luar Biasa Autisma Yayasan Pengembangan Potensi Anak Bukittinggi

Berita


Orangtua Kunci Perkembangan Proses Terapeutik Anak Berkebutuhan Khusus

Karya : Yanzi Fitri, S.Hum

Perjuangan mendampingi ABK bukan hal yang mudah, bukan hal yang gampang. Memberikan energi baik pada orangtua dan meyakinkan bahwa anak-anak mereka memiliki masa depan yang sama, kesempatan yang sejajar dengan anak-anak lain sama sekali tidak gampang. Bukan proses yang sederhana untuk tetap mempertahankan hal yang positif dalam diri. Kunci utama bagi seorang terapis, guru, pihak di luar orangtua adalah membangun pemahaman dan kesadaran terus-menerus bahwa itu adalah sebuah proses panjang. Tidak bisa secepat 'nggodok mie instant yang beli di warung tetangga'!

Asesmen yang terintegrasi sangat diperlukan, intake suplemen yang kontinyu, terapi yang dilakukan dengan konsisten, asupan nutrisi yang dijaga (termasuk diet tertentu seperti contohnya casein free - gluten free), edukasi yang dilakukan melalui forum parents meeting group, amatan-amatan evaluasi yang dilakukan dengan sabar dan tekun, dan masih banyak hal lain yang tak kalah penting. Begitu meriwehkan, gak sederhana, butuh proses yang gak sebentar, butuh perjuangan yang gak semudah ngebalikin telapak tangan, rempong! Oleh karenanya, saya yakin banget orangtua yang diberi anugerah memiliki anak-anak berkebutuhan khusus adalah orangtua hebat. Mereka dipercaya karena mereka memiliki kemampuan hakiki dalam membersamai anak-anak istimewa tersebut.

Orangtua dan pendamping ABK, baik itu terapis, guru, shadow teacher, dokter, dan banyak orang di belakang layar ini adalah sebuah support system di lingkungan ABK yang harus solid! Orangtua menjadi kunci penting, mereka adalah pemegang keputusan mau dibawa kemana anak-anak tersebut. Penegasan bahwa orangtua adalah kunci utama, elemen penting dalam proses membersamai anak berkebutuhan khusus tersebut adalah mutlak. Teman terapis  juga menyimpulkan demikian. Ada beberapa kasus yang dia tangani, walau terapis jungkir balik sedemikian rupa, tetapi tidak ada kesadaran dari orangtua untuk 'berjuang', selesai sudah! Percuma.

Sebaliknya orangtua sudah mengupayakan yang terbaik tetapi tidak disambut demikian oleh support system yang membersamai hasilnya juga tidak akan baik. Butuh ketersalingan. Keyakinan, usaha, dan rasa syukur yang terus-menerus dipupuk niscaya akan membawa pada sebuah perkembangan. Semesta pasti akan mendukung segala niat baik yang dilandasi dengan perjuangan dan kepasrahan. Lakukan terus, jangan berhenti, ada titik indah di depan sana, bernama harapan.

Info Terkini

SAMA

Kenapa anak Autis perlu diet?

Kenapa anak Autis perlu diet?

Aku Juga Ingin Seperti Kalian

Waspada Disleksia

DAPODIKMEN

YPPA SUMBAR

Gedung Sekolah

Kontak

Alamat :

Jalan Pintu Kabun Jirek Gang Mawar , Kelurahan Pintu Kabun, Kecamatan Mandiangin Koto Selayan,

Telepon :

08126741449

Email :

yppabukittinggi@gmail.com

Website :

www.slbautisma-yppabukittinggi.sch.id

Media Sosial :

Kepala Sekolah dan Majelis Guru

Layanan

Kalender

Juni 2024

Mg Sn Sl Rb Km Jm Sb
1
2 3 4 5 6 7 8
9 10 11 12 13 14 15
16 17 18 19 20 21 22
23 24 25 26 27 28 29
30