Sekolah Luar Biasa Autisma Yayasan Pengembangan Potensi Anak Bukittinggi

Sejarah Singkat


Sejarah Singkat

SLB Autisma YPPA hadir di Bukittinggi pada tahun 1999 akhir. Dimana pada saat itu belum ada sekolah yang menangani anak dengan kebutuhan Autis. Dengan dibukanya SLB YPPA di Bukittinggi, hal ini dapat membantu orang tua dalam menangani anak Autisinya. Awal sekolah buka, dimulai dari menyewa rumah kawan satu almamater di Padang Luar. Berjalan beberapa bulan, kemudian pindah ke Jambu Air, setelah 1 tahun , pindah lagi ke Birugo selama 2 tahun, setelah itu pindah lagi ke Stasiun, tepatnya Jalan.Melati ( belakang Kantor TASPEN Bukittinggi), disini kita bertahan selama 5 tahun, karena di tahun terakhir sebelum kontrak habis, pihak Yayasan memberanikan untuk membeli rumah penduduk yang berlokasi di Jln.Pintu Kabun Jirek Gg Mawar, dengan mengajukan pinjaman ke salah satu Bank Swasta di Bukittinggi dengan jangka pinjaman selama 10 tahun.

Rumah penduduk yang sudah dibeli, kemudian direnovasi, sehingga layak untuk dijadikan sekolah. Kegiatan belajar-mengajar di gedung baru ini dimulai bulan Agustus 2008. 1 tahun pembelajaran berlangsung, Dinas Pendidikan Kota Bukittinggi memberikan bantuan untuk pembangunan fisik sekolah. Bantuan yang diberikan adalah dalam bentuk  DAK dengan nominal Rp 203.087.000,00 dan dana pendamping sebesar Rp 30.000.000. Dengan bantuan yang diberikan oleh Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Bukittinggi ini Alhamdulillah dapat menyiapkan 8 kelas ( sesuai dengan ukuran dan jumlah siswa/ kelas untuk SLB ), yang terdiri 4 kelas dibawah, 4 kelas di lantai 2.

Pada tahun 2011 sekolah kembali mendapatkan bantuan Rehabilitasi dan Penyempurnaan Infrastruktur dari Direktur PPKLK DIKDAS melalui Dinas Pendidikan Provinsi Sumatera Barat sebesar Rp 90.000.000,-00 yang diperuntukkan untuk merehab 2 kelas. Pada tahun 2012 YPPA Bukittinggi mendapatkan bantuan Rehab lagi dari Pusat sebesar Rp 100.000.000,-00 yang diperuntukkan untuk merehab 4 kelas.

Dengan bantuan-bantuan yang diberikan oleh Dinas Pendidikan Kota maupun dari pusat melalui Dinas Pendidikan Provinsi, saat ini bangunan sekolah sudah nyaman untuk pelaksanaan pembelajaran. Dimana ruangan-ruangan yang dibutuhkan anak dalam menunjang pembelajarannya mulai dilengkapi,begitu juga dengan mobilernya, dimana hal ini bertujuan terhadap kemandirian siswa. Dengan keberadaan gedung belajar yang nyaman dan didukung juga oleh fasilitas yang mulai lengkap, hal ini berdampak terhadap keterampilan yang dikuasai anak.

Dengan melihat perjalanan panjang SLB Autisma YPPA Bukittinggi sampai bisa memiliki gedung sendiri, merupakan cerita yang sangat berharga, karena perjuangan untuk pindah dari satu lokasi ke lokasi berikutnya yang hanya dilakukan oleh para guru, dimana seluruh guru adalah perempuan, namun tidak mengurangi semangat kami sedikitpun.

Saat ini, dengan kondisi gedung belajar yang nyaman, berikut fasilitasnya, sekolah selalu berusaha dan berupaya untuk memberikan pelayanan yang terbaik terhadap anak dengan keistimewaan Autisi.

Dan YPPA hadir di Bukittinggi ini berharap dapat memberikan wadah pendidikan bagai siswa Autisi dan membantu orang tua dalam menangani anaknya.

Harapan kedepan YPPA Bukittinggi berharap menjadi pusat sumber untuk pembelajaran anak dengan kebutuhan Autisi dan menjadi pusat latihan bagi tenaga pendidik yang berrkecimpung dengan Anak Berkebutuhan Khusus.

Info Terkini

Aku Anak Istimewa

Emosi

Pantun Anak Berkebutuhan Khusus

Meniti Asa

DAPODIKMEN

YPPA SUMBAR

Gedung Sekolah

Kontak

Alamat :

Jalan Pintu Kabun Jirek Gang Mawar , Kelurahan Pintu Kabun, Kecamatan Mandiangin Koto Selayan,

Telepon :

08126741449

Email :

yppabukittinggi@gmail.com

Website :

www.slbautisma-yppabukittinggi.sch.id

Media Sosial :

Kepala Sekolah dan Majelis Guru

Layanan

Kalender

Oktober 2022

Mg Sn Sl Rb Km Jm Sb
1
2 3 4 5 6 7 8
9 10 11 12 13 14 15
16 17 18 19 20 21 22
23 24 25 26 27 28 29
30 31