Ditulis Oleh :
Nurhidayah, S.Pd
Disleksia adalah salah satu jenis gangguan belajar yang
membuat anak kesulitan untuk membaca, menulis, mengeja atau berbicara dengan
jelas. Gangguan belajar yang dialami
mengakibatkan anak susah memahami kosa kata, kalimat, membaca dan
memahami apa yang dibaca, misalnya saat membaca, indera penglihatan
Ditulis oleh : Putri Alvyenti, S.Pd.
Autisme merupakan gangguan
perkembangan pada saraf (otak) yang menyebabkan seseorang dengan autisme ini
mengalami hambatan interaksi sosial, komunikasi, dan perilaku. Seorang anak
dikatakan autisme jika memiliki karakteristik seperti hambatan pada interaksi
sosial, hambatan pada komunikasi timbal balik, minat
Ditulis oleh : Seprianis, S.Pd. Autisme adalah kondisi dimana seseorang mengalami
kelainan pada perkembangan sistem saraf. Ciri-ciri
anak yang mengalami autisme adalah kesulitan dalam berkomunikasi, menunjukkan
perilaku yang repetitif, mengalami perkembangan yang tidak normal dan kesulitan
dalam berinteraksi sosial.Anak yang menderita autisme biasanya akan kesulitan
dalam
Karya : Yanzi Fitri, S.Hum
Perjuangan mendampingi ABK bukan hal yang mudah, bukan
hal yang gampang. Memberikan energi baik pada orangtua dan meyakinkan bahwa
anak-anak mereka memiliki masa depan yang sama, kesempatan yang sejajar dengan
anak-anak lain sama sekali tidak gampang. Bukan proses yang
Ditulis oleh: Yolanda
Syafda, S.Pd
Anak lamban belajar atau slow learner adalah mereka yang
memiliki prestasi belajar rendah atau sedikit dibawah rata-rata dari anak pada
umumnya baik salah satu atau seluruh mata pelajaran. Anak slow learner
membutuhkan lebih banyak waktu dan pengulangan belajar dari pada
Rini Yuliani, S.Pd., Gr.
Siswa Tunarungu merupakan siswa
yang mengalami hambatan dalam fungsi pendengaran. Karakteristik siswa tunarungu
yang berbeda dengan siswa normal pada umumnya mempengaruhi cara belajar siswa. Teknik
dalam pembelajaran siswa tunarungu harus memperhatikan karakteristik yang ada
pada siswa tunarungu. Apabila dilihat secara fisik,
Karya: Annisa, S.Pd Anak autis adalah adalah anak dengan gangguan
perkembangan yang cukup signifikan yang meliputi gangguan komunikasi verbal dan
non verbal, ketidakmampuan dalam berinteraksi secara sosial, hambatan
komunikasi. Karakteristik lainnya seperti aktivitas yang berulang-ulang,
gerakan yang stereotip, gangguan emosi dan gangguan sensori, acuh tak
Dibuat Oleh : Silka Febria, S.Pd.
Meningkatkan semangat belajar anak berkebutuhan khusus penting di lakukan oleh para orang tua ataupun Bapak Ibu guru di sekolah. Dengan semangat atau minat belajar yang tinggi akan membuat siswa lebih mudah dalam menyerap pembelajaran tanpa
Dibuat oleh : Inneke
Lailaturrahmi, S.Pd
Menulis termasuk salah satu
kemampuan motorik halus yang perlu dilatih dan dikuasai oleh anak-anak sejak
usia dini secara bertahap dan sesuai dengan perkembangan bahasa, kognisi,
psikologi, dan motoriknya. Anak-anak akan menjadikan menulis sebagai sebuah
cara untuk menguasai keterampilan yang dibutuhkan
Karya : Suci Hidayati, S.Pd
Istilah
Attention Deficit Hyperactive Disorder
(ADHD) mungkin merupakan istilah baru, tetapi anak yang memperlihatkan perilaku
over aktif dan tidak terkendali sejak lama, ADHD pertama kali ditemukan pada
1902 oleh seorang dokter Ingggris, Profesor George F. Still, di dalam
penelitiannya terhadap sekelompok