Sekolah Luar Biasa Autisma Yayasan Pengembangan Potensi Anak Bukittinggi

Berita


APA PERBEDAAN ANAK ASD DENGAN ANAK ADHD?

DItulis oleh : Putri Alvyenti, S.Pd.


Anak dengan Autisme Spectrum Disorder (ASD) adalah anak yang memiliki gangguan syaraf otak yang menghambat perkembangan sehingga tidak mampu berkembang secara normal yang ditandai adanya gangguan dalam berkomunikasi, berinteraksi sosial, serta adanya ketertarikan terhadap sebuah hal dan perilaku yang berulang (perilaku repetitive) (Oktaviani & Fatmawati, 2023).

Sedangkan anak dengan Attention Deficit Hyperactivy Disorder (ADHD) adalah anak yang memiliki hambatan untuk memusatkan perhatian, berkonsentrasi, mengontrol perilaku dan beraktifitas secara berlebihan (Alvyenti & Mahdi, 2022).

Dari segi konsentrasi, Anak dengan ASD cenderung kurang mampu berkonsentrasi dan sulit untuk diarahkan melakukan tugas-tugas tertentu. Aktivitas yang  dilakukan lebih berdasar karena dorongan keinginan diri sendiri. Sedangkan Anak dengan ADHD, konsetrasinya terbatas namun lebih mudah untuk diarahkan melakukan suatu tugas sederhana walaupun tidak selesai.

Dari segi aktivitas bermain, Anak dengan ASD cenderung melakukan aktivitas yang monoton  dan bersifat pasif. Anak dengan ASD tidak dapat bermain secara interaktif dan imaginative  (bermain peran). Sedangkan anak dengan ADHD, aktivitas bermain seperti didorong mesin penggerak. Anak dengan ADHD seperti tidak mengenal rasa lelah, cenderung impulsive  (tidak sabaran) dan tidak mau menunggu giliran.

Dari segi ketahanan bermain, anak dengan ASD sangat sulit untuk berganti mainan. Cenderung memainkan mainan dan permainan yang sama secara berulang-ulang (stereotipik). Sedangkan anak dengan ADHD, sangat mudah bosan dengan mainan yang dimainkannya sehingga sering berganti-ganti mainan. Anak dengan ADHD mampu bermain secara interaktif dan imaginative.

Dari segi sosial, anak dengan ASD mempunyai minat bersosialisasi yang rendah.  Sehingga anak dengan ASD lebih asyik bermain sendiri dan tidak peduli dengan lingkungan sosialnya.  Sedangkan anak dengan ADHD memiliki minat bersosialisasi yang sama pada anak umumnya, namun karena hiperaktif dan impulsive membuat dia dijauhi teman-temannya saat bermain.

Dari segi kontak mata dan sentuhan, anak dengan ASD mengalami hambatan pada kontak mata dan tidak mau disentuh seperti dipeluk. Sedangkan anak dengan ADHD masih bisa melakukan kontak mata walaupun kadang-kadang, dan mau disentuh seperti dipeluk.

Dari segi emosi, anak dengan ASD memiliki emosi yang tidak terduga. Anak dengan ASD dapat cuek tapi dapat mengeluarkan emosi secara berlebihan dan sulit untuk ditenangkan. Sedangkan anak dengan ADHD, cenderung memiliki emosi yang meledak-ledak dan mudah diredakan.

Dari segi komunikasi, anak dengan ASD cenderung tidak memahami perintah dan sulit melakukan komunikasi dua arah. Terkadang, anak dengan ASD  tidak melakukan bicara untuk komunikasi, namun hanya sekedar ocehan. Sedangkan anak dengan ADHD, dapat melakukan komunikasi dua arah sama dengan anak pada umumnya (Mirnawati & Amka,  2019).

 

 

 

Referensi

Alvyenti, P. & Mahdi, A.(2022). Efektivitas Media Balok Angka  dalam Meningkatkan Kemampuan Penjumlahan Bilangan Bulat Puluhan bagi Anak Attention Deficit Hyperactivy Disorder. JUPPEKhu, 11 (1) 1-9.

Mirnawati & Amka.(2019). Pendidikan Anak ADHD (Attention Deficit Hyperactivy Disorder). DEEPUBLISH.

Oktaviani, A. & Fatmawati, S. (2023). Gambaran Karakteristik Orang Tua dengan Anak Autism Spectrum Disorder (ASD) di Sekolah Luar Biasa (SLB) Surakarta. JIK-MC, 2 (9) 375-386.

Info Terkini

SAMA

Kenapa anak Autis perlu diet?

Kenapa anak Autis perlu diet?

Aku Juga Ingin Seperti Kalian

Waspada Disleksia

DAPODIKMEN

YPPA SUMBAR

Gedung Sekolah

Kontak

Alamat :

Jalan Pintu Kabun Jirek Gang Mawar , Kelurahan Pintu Kabun, Kecamatan Mandiangin Koto Selayan,

Telepon :

08126741449

Email :

yppabukittinggi@gmail.com

Website :

www.slbautisma-yppabukittinggi.sch.id

Media Sosial :

Kepala Sekolah dan Majelis Guru

Layanan

Kalender

Juni 2024

Mg Sn Sl Rb Km Jm Sb
1
2 3 4 5 6 7 8
9 10 11 12 13 14 15
16 17 18 19 20 21 22
23 24 25 26 27 28 29
30