Sekolah Luar Biasa Autisma Yayasan Pengembangan Potensi Anak Bukittinggi

Berita


Peran Guru Pendidikan Khusus Pada Anak Slow Learner

Ditulis oleh: Yolanda Syafda, S.Pd

 

Anak lamban belajar atau slow learner adalah mereka yang memiliki prestasi belajar rendah atau sedikit dibawah rata-rata dari anak pada umumnya baik salah satu atau seluruh mata pelajaran. Anak slow learner membutuhkan lebih banyak waktu dan pengulangan belajar dari pada anak umumnya. Ia harus mendapatkan pengulangan untuk memahami konsep-konsep baru. Anak slow learner memiliki daya tangkap yang lebih lambat dibandingkan anak seusianya sehingga membutuhkan pertolongan ekstra untuk dapat memahami.

Ciri umum anak slow learner yaitu :

1.    Daya tangkap terhadap pelajaran lambat

2.    Sering kesulitan mengikuti petunjuk

3.    Cenderung kesulitan memahami atau penalaran

Pada dasarnya anak lamban belajar memiliki kelainan pada mentalnya atau bisa dibilang mengalami gangguan mental ringan. Anak lamban belajar atau slow learner merupakan salah satu anak berkebutuhan khusus dan perlu didampingi oleh guru pendidikan khusus. Karena itu pemerintah telah mengadakan sekolah yang dapat memenuhi kebutuhan anak berkebutuhan khusus.

Bimbingan belajar adalah hal untuk menemukan cara belajar yang tepat dalam memilih program studi yang sesuai dan dalam mengatasi kesukaran-kesukaran yang timbul berkaitan dengan tuntutan-tuntutan belajar. Dalam beberapa hal anak slow learner mengalami hambatan atau keterlambatan berpikir, merespon rangsangan dan kemampuan. Bila seseorang anak bermasalah dengan bahasa, maka ia juga akan mengalami kesulitan untuk memahami konsep, memahami informasi dan sulit mengutarakan isi pemikirannya.

Peran guru pendidikan khusus dalam penanganan anak slow learner ini sangatlah penting seperti pengulangan secara terus menerus. Materi yang sedang dipelajari diulang-ulang sebanyak 3-5 kali. Dibutuhkan penguatan kembali melalui kegiatan praktek untuk dapat membantunya dalam proses pembelajaran. Guru memberikan intruksi lebih sederhana dan bertahap pada anak slow learner.

Layanan yang dapat diberikan pada anak slow learner adalah dengan memberikan pengajaran remedial, sehingga untuk menyelesaikan materi kurikulum membutuhkan waktu yang lebih panjang dibandingkan anak pada umumnya.

Secara umum peran guru yang harus dilakukan untuk mengembangkan anak lamban belajar dalam proses belajar mengajar yaitu :

1.    Guru selalu memberikan dorongan kepada anak untuk menimbulkan kepercayaan pada diri anak bahwa anak mampu melakukan segala sesuatu.

2.    Guru menjelaskan pelajaran dengan mempermudah pemahaman untuk anak lamban belajar dengan cara memperagakan apa yang akan diajarkan.

3.    Guru menjadi perantara untuk menghubungkan antara kebutuhan seperti menghubungkan anak lamban belajar dengan ilmu pengetahuan.

4.    Guru selalu mengevaluasi segala perkembangan pada anak.   

         Oleh karena itu peran guru Pendidikan khusus memiliki manfaat yang besar untuk anak slow learner dalam proses belajar nantinya. Guru berusaha memfasilitasi berbagai kebutuhan anak dalam proses belajar. Proses belajar anak slow learner memang membutuhkan waktu sehingga diperlukan adanya pengulangan belajar, dorongan atau motivasi agar anak bisa mengikuti proses pembelajarannya

Info Terkini

Waspada Disleksia

Berita Lewat Mata

Aku Istimewa

Anakku

DAPODIKMEN

Gedung Sekolah

YPPA SUMBAR

Kontak

Alamat :

Jalan Pintu Kabun Jirek Gang Mawar , Kelurahan Pintu Kabun, Kecamatan Mandiangin Koto Selayan,

Telepon :

08126741449

Email :

yppabukittinggi@gmail.com

Website :

www.slbautisma-yppabukittinggi.sch.id

Media Sosial :

Kepala Sekolah dan Majelis Guru

Layanan

Kalender

Desember 2023

Mg Sn Sl Rb Km Jm Sb
1 2
3 4 5 6 7 8 9
10 11 12 13 14 15 16
17 18 19 20 21 22 23
24 25 26 27 28 29 30
31