Sekolah Luar Biasa Autisma Yayasan Pengembangan Potensi Anak Bukittinggi

Berita


Menjadi Guru Favorit Bagi Siswa Berkebutuhan Khusus

Ditulis oleh : Nurhidayah, S.Pd

Guru adalah pendidik dengan tugas utama mendidik, mengajar, membimbing, mengarahkan, melatih, menilai dan mengevaluasi peserta didik. Anak Berkebutuhan Khusus adalah anak yang mengalami keterbatasan atau keluarbiasaan, baik fisik, mental-intelektual, sosial, maupun emosional yang berpengaruh secara signifikan dalam proses pertumbuhan atau perkembangannya disbanding dengan anak-anak lain seusianya.

Menjadi guru bukanlah merupakan tugas yang mudah. Seorang guru tidak hanya dituntut untuk bias mengajarkan ilmu, tetapi juga harus menjadi teladan yang baik bagi anak didiknya, terlebih jika bias menjadi guru favorit yang disukai para siswa. Siswa yang telah menjadikan salah satu gurunya sebagai favoritakan lebih mudah menerima pelajaran yang diajarkan. Lain hal nya jika siswa tidak menyukai gurunya, maka pelajaran yang kita ajarkan seolah begitu sulit mereka terima, bahkan malas-malasan dalam belajar. Jadi, menjadi guru favorit adalah hal yang cukup penting.

Dikaitkan dengan audien kita adalah ABK, maka menjadi guru untuk siswa berkebutuhan khusus ini pada dasarnya sama dengan  guru yang mengajar disekolah regular pada umumnya, namun dalam pelaksanaannya ada beberapa hal yang harus dikuasai dan dipahami oleh guru. Diantaranya : 1) menguasai Braile untuk siswa Tunanetra. 2) menguasai bahasa isyarat untuk siswa Tunarungu. 3) memiliki kreativitas yang  tinggi untuk siswa Tunagrahita. 4) memiliki pemahaman tentang ortopedi untuk siswa Tunadaksa. 5)  memiliki pemahaman tentang beragam metode untuk siswa Autisme. 6)  mempunyai banyak trik untuk siswa ADD (Attention Deficit Disorder) atau gangguan pemusatan perhatian dan ADHD (Attention Deficit Hyperactivity Disorder) atau gangguan pemusatan perhatian disertai Hiperaktif.

Dengan banyaknya ragam Anak Berkebutuhan Khusus yang ditangani di SLB, dimana guru setidaknya harus menguasai kebutuhan dasar yang harus diberikan kepada siswa, maka seorang guru yang akan mengabdikan ilmunya di SLB  membutuhkan persiapan  yang lebih dibanding guru yang mengajar di sekolah reguler.

Menjadi  guru favorit atau disenangi dan disukai semua siswa merupakan hal yang diinginkan oleh setiap pendidik, namun tidak semua dapat mewujudkannya.

Nah ,untuk menjadi guru favorite dan beberapa hal yang mesti dilakukans eorang guru diantaranya : 1) Sabar, 2) Ramah dan selalu memberikan ruang kepada siswa yang ingin menyampaikan hal-hal yang dialaminya, 3) Selalu tersenyum, 4) Menjalin komunikasi yang baik dengan siswa: apapun bentuk komunikasi yang digunakan siswa, guru memberikan waktu untuk itu, 5) Selalu semangat dalam mengajar, 6)  Berikan tanggapan positif terhadap siswa saat mereka menceritakan apapun yang ingin disampaikannya, 7) Tidak membedakan latar belakang siswa, 8) Melayani siswa dengan hati, 9)  Membimbing siswa sesuai dengan kebutuhan, 10) Tulus dalam mengajar, walaupun siswa yang dihadapi adalah berkebutuhan khusus, namun mereka dapat mengetahui kita membimbing mereka dari hati atau hanya transfer ilmu saja.

Sejatinya guru  perlu melakukan pendekatan secara naluri dengan mendalami karakteristik setiap siswa, dengan demikian akan terjalin hubungan yang sangat erat antara  guru dan siswanya dan proses pembelajaran akan dijalani siswa dengan menyenangkan. Dengan demikian guru akan menjadi sosok yang sangat dibutuhkan dan dinantikan kehadirannya oleh para siswa.

Info Terkini

Aku Anak Istimewa

Emosi

Pantun Anak Berkebutuhan Khusus

Meniti Asa

DAPODIKMEN

YPPA SUMBAR

Gedung Sekolah

Kontak

Alamat :

Jalan Pintu Kabun Jirek Gang Mawar , Kelurahan Pintu Kabun, Kecamatan Mandiangin Koto Selayan,

Telepon :

08126741449

Email :

yppabukittinggi@gmail.com

Website :

www.slbautisma-yppabukittinggi.sch.id

Media Sosial :

Kepala Sekolah dan Majelis Guru

Layanan

Kalender

Oktober 2022

Mg Sn Sl Rb Km Jm Sb
1
2 3 4 5 6 7 8
9 10 11 12 13 14 15
16 17 18 19 20 21 22
23 24 25 26 27 28 29
30 31