Sekolah Luar Biasa Autisma Yayasan Pengembangan Potensi Anak Bukittinggi

Berita


Rafmateti Ungkap Kesulitan Belajar di Rumah bagi ABK pada Masa Pandemi

SlbAutisma-YppaBukittinggi.sch.id - Ada beberapa permasalahan yang terjadi ketika Anak Berkebutuhan Khusus (ABK) harus mulai belajar di rumah karena pandemi COVID-19. Menurut Rafmateti S.Pd,  salah seorang Pemilik Pkh Autisma YPPA Sumatera Barat perlu pengenalan baru pada anak terkait belajar di rumah.

Konsep yang sudah tertanam pada diri anak bahwa belajar harus dilakukan di sekolah membuat para orangtua kesulitan. Akibatnya, anak-anak sangat sulit untuk diajak belajar di rumah.

“Yang kedua konsepnya orangtua bukanlah guru bagi mereka, ini keluhan dari orangtua. Mereka sudah terbiasa bahwa guru itu ya di sekolah,” kata Rafmateti dalam webminar Konekin, Sabtu (6/6/2020).

Masalah lainnya, suasana rumah dapat menjadi faktor yang mengganggu konsentrasi dan fokus anak.  Lebih jauh lagi, menurutnya, seringkali materi ajar tidak dikuasai oleh orangtua. Mereka tidak sanggup menghadapi anaknya.

“Ini realita di lapangan, pada minggu pertama, kedua, dan ketiga justru kita lebih ke orangtua dulu bagaimana mereka intinya bisa berdamai dengan anak-anaknya. Karena orangtua tidak hanya menghadapi anak yang berkebutuhan khusus, mereka juga memiliki anak lain yang perlu didampingi.”

Menurut Rafmateti, kendala utama dalam praktik belajar di rumah adalah tidak semua anak memiliki gawai.

“Sejak masa tiga bulan kemarin, hanya 30 persen anak kita yang bisa kita berikan belajar di rumah via daring, 70 persen lagi tidak bisa. Saya rasa SLB lain pun permasalahannya sama.”

Selama masa Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) pihak sekolah melakukan pemetaan terhadap siswa yang tidak dapat terhubung. Setelah dipetakan, pihak sekolah melakukan kunjungan ke rumah.

“Kunjungan ke rumah di Kota Padang tidak disarankan, apalagi sekolah kami itu termasuk zona merah. Jadi saya inisiatif menjalankan protokol kesehatan dengan menggunakan sarung tangan. Saya kunjungi anak-anak sendirian untuk meminimalisasi risiko.”

70 persen anak yang tidak dapat dihubungi ternyata tidak seluruhnya bisa diakses tempat tinggalnya karena area perumahannya ditutup. Namun, diketahui 70 persen anak ini tidak dapat dihubungi karena orangtua tidak memiliki gawai dan masalah ekonomi akibat COVID-19.

Tak sedikit dari anak-anak yang keluarganya mengalami ketahanan pangan yang buruk. Bahkan mereka kesulitan mendapatkan makanan.

Hal ini membuat tujuan utama Rafmateti yang awalnya ingin memberikan hak belajar anak berubah menjadi memenuhi kebutuhan pangan anak terlebih dahulu.

“Saya membangun jejaring dengan komunitas, dinas sosial, dan pemerhati untuk memenuhi kebutuhan anak-anak. Pandemi tidak hanya berdampak pada hak belajar mereka tapi juga hak tumbuh dan berkembang,” kata Rafmateti. (*)

Info Terkini

PENDEKATAN PUASA BAGI ANAK AUTIS

PENDEKATAN PUASA BAGI ANAK AUTIS

Bulan Suci Ramadhan

Orang tua bersama anak ADHD

Perbedaan ADHD dan Autisme

“Untuk Kesayanganku”

DAPODIKMEN

YPPA SUMBAR

Gedung Sekolah

Kontak

Alamat :

Jalan Pintu Kabun Jirek Gang Mawar , Kelurahan Pintu Kabun, Kecamatan Mandiangin Koto Selayan,

Telepon :

08126741449

Email :

yppabukittinggi@gmail.com

Website :

www.slbautisma-yppabukittinggi.sch.id

Media Sosial :

Kepala Sekolah dan Majelis Guru

Layanan

Kalender

Maret 2025

Mg Sn Sl Rb Km Jm Sb
1
2 3 4 5 6 7 8
9 10 11 12 13 14 15
16 17 18 19 20 21 22
23 24 25 26 27 28 29
30 31